Senin, 17 September 2018

Pegertian dan Jenis Skala dalam statistik


Sebelumnya atikel yang saya terbitkan adalah tentang skala pengukuran data namun kali ini adalah skala pengukuran intrumen , perbedaan antara skala data dengan skala instrument sendiri adalah pada skala data merupakan penilaian atau pemerian angka pada data-data yang berupa non angka, seperti laki-laki, pendidikan, pekerjaan. Sedangankan skala instrument merupakan skala yang
di gunakan untuk menentukan satuan nilai yang di peroleh dalam kuesioner yang kita bagian sekaligus melihat jenis data dan tingkatan datanya.
Penerapan skala ada bermacam-macam sesuai dengan jenis data yang di gunakan, misalnya skala likert, skala guttman, dan skala semantic diferensial

      1.      Skala Likert
Skala likert adalah skala yang di gunakan untuk mengukur siakp, pendapat, dan persepsi seseorang tentang suatu objek atau penomena tertent, skala likert memiliki 2 bentuk pernyataan, yaitu : pernyataan positif dan negatif. Pernyataan positif di beri skor 5,4,3,2 dan 1  sedangkan bentuk pernyataan negatif di beri skor 1,2,3,4,dan 5. Bentuk jawaban skala likert terdiri dari sangat setuju,setuju, ragu-ragu, tidak setuju dan sangat tidak setuju.
Akan tetapi untuk menggunakan skala likert maka variabel yang ingin di ukur harus harus menggunakan indikator dari variabel tesebut missal, indikator sendiri merupakan instrument atau poin poin yang akan di gunakan sebagai tolak ukur suatu variabel missal : untuk variabel kepuasan konsuemen indikatornya menurut suryani(2011) puas terhadap produk, puas terhadap pelayann dan harga.
Contoh skala likert
Pernyataan positif
a.       Sangat setuju (SS)                         = 5
b.      Setuju (S)                                      = 4
c.       Netral (N)                                     = 3
d.      Tidak Setuju(TS)                          = 2
e.       Sangat Tidak Setuju (STS)                        = 1
   Pernyatan negatif
a.       Sangat setuju (SS)                         = 1
b.      Setuju (S)                                      = 2
c.       Netral (N)                                     = 3
d.      Tidak Setuju(TS)                          = 4
e.       Sangat Tidak Setuju (STS)                        = 5
Alternatif jawaban pada skala likert tidak hanya bergantung pada jawaban setuju saja seperti di atas tapi dapat berupa apapun selama dapat mengukur sikap, pendapat ataupun persepsi responden, misalnya, baik, senang, tinggi atau puas.
      
      2.      Skala Guttman
Skala Guttman adalah skala yang di gunakan untuk jawaban yang bersifat tegas/jelas dan konsisten. Alternative jawaban pada jenis skala ini hanya terdiri dari dua alternative.

Contoh : benar – salah, ya – tidak, positif – negative, sedangkan jawaban responden angka tertinggi 1 dan angka terendah . misalnya : jawaban benar (1) dan jawaban salah (0)

Pertanyaan yang di berikan pada responden bisa berupa checklist dan bisajuga pilihan ganda.
Contoh :
1.      Anda yakin dengan penggantian presiden dapat menurunkan harga BBM ?
a.       Yakin
b.      Tidak yakin

Share:

0 komentar:

Posting Komentar