Sebelumnya atikel yang saya terbitkan adalah tentang skala
pengukuran data namun kali ini adalah skala pengukuran intrumen , perbedaan
antara skala data dengan skala instrument sendiri adalah pada skala data
merupakan penilaian atau pemerian angka pada data-data yang berupa non angka,
seperti laki-laki, pendidikan, pekerjaan. Sedangankan skala instrument
merupakan skala yang
di gunakan untuk menentukan satuan nilai yang di peroleh dalam kuesioner yang kita bagian sekaligus melihat jenis data dan tingkatan datanya.
di gunakan untuk menentukan satuan nilai yang di peroleh dalam kuesioner yang kita bagian sekaligus melihat jenis data dan tingkatan datanya.
Penerapan skala ada bermacam-macam sesuai dengan jenis data yang di
gunakan, misalnya skala likert, skala guttman, dan skala semantic diferensial
1.
Skala Likert
Skala likert
adalah skala yang di gunakan untuk mengukur siakp, pendapat, dan persepsi
seseorang tentang suatu objek atau penomena tertent, skala likert memiliki 2
bentuk pernyataan, yaitu : pernyataan positif dan negatif. Pernyataan positif
di beri skor 5,4,3,2 dan 1 sedangkan
bentuk pernyataan negatif di beri skor 1,2,3,4,dan 5. Bentuk jawaban skala
likert terdiri dari sangat setuju,setuju, ragu-ragu, tidak setuju dan sangat
tidak setuju.
Akan tetapi
untuk menggunakan skala likert maka variabel yang ingin di ukur harus harus
menggunakan indikator dari variabel tesebut missal, indikator sendiri merupakan
instrument atau poin poin yang akan di gunakan sebagai tolak ukur suatu
variabel missal : untuk variabel kepuasan konsuemen indikatornya menurut
suryani(2011) puas terhadap produk, puas terhadap pelayann dan harga.
Contoh skala likert
Pernyataan positif
a.
Sangat setuju (SS) = 5
b.
Setuju (S) = 4
c.
Netral (N) = 3
d.
Tidak Setuju(TS) = 2
e.
Sangat Tidak Setuju (STS) = 1
Pernyatan negatif
a.
Sangat setuju (SS) = 1
b.
Setuju (S) = 2
c.
Netral (N) = 3
d.
Tidak Setuju(TS) = 4
e.
Sangat Tidak Setuju (STS) = 5
Alternatif jawaban pada skala likert tidak hanya bergantung pada
jawaban setuju saja seperti di atas tapi dapat berupa apapun selama dapat
mengukur sikap, pendapat ataupun persepsi responden, misalnya, baik, senang,
tinggi atau puas.
2.
Skala Guttman
Skala Guttman
adalah skala yang di gunakan untuk jawaban yang bersifat tegas/jelas dan
konsisten. Alternative jawaban pada jenis skala ini hanya terdiri dari dua
alternative.
Contoh : benar
– salah, ya – tidak, positif – negative, sedangkan jawaban responden angka
tertinggi 1 dan angka terendah . misalnya : jawaban benar (1) dan jawaban salah
(0)
Pertanyaan yang di berikan pada responden bisa berupa checklist dan
bisajuga pilihan ganda.
Contoh :
1.
Anda yakin dengan penggantian
presiden dapat menurunkan harga BBM ?
a.
Yakin
b.
Tidak yakin
0 komentar:
Posting Komentar