Selasa, 11 September 2018

Pengertian Data Menurut Pakar Statistik


Jenis data
Data merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang, baik itu data pribadi dalam bentuk identitas, atau data penelitian yang pada umunya dalam bentuk angka namun apa sebenarnya data dalam ilmu statistika

1.      Defenisi data

Menurut Sofyan (2012) data adalah bahan
mentah yang perlu di olah sehingga menghasilkan informasi atau keterangan, baik kualitatif maupun kuantitatif yang menunjukan fakta atau juga dapat didefenisikan data merupakan kumpulan fakta atau angka atau segala sesuatu yang dapat di percaya kebenarannya sehingga dapat di gunakan sebagai dasar menarik kesimpulan.

Syarat-syarat data yang baik adalah :

1.      Data harus akurat;

2.      Data harus relevan

3.      Data harus uptodate; maksudnya data yang baik ialah merupakan data yang terbaru atau yang baru saja di peroleh.



2.      Pengelompokan Data

Secara garis besar data di bagi ke dalam beberapa kelompok sebagai berikut :

1.      Berdasarkan cara memperolehnya

Pengelompokan ini di dasarkan bagaimana cara data itu di peroleh dalam proses penelitian yang di bagi menjadi 2:

a.       Data primer adalah data yang di kumpulkan sendiri oleh peneliti langsung dari sumber pertama atau dari sumbek penelitian di lakukan.

b.      Data sekunder adalah data yang di terbitkan atau di gunakan organisasi yang bukan pengolahannya, artinya data sekunder merupakan data yang sudah di buat oleh pihak ketiga contohnya seperti laporan keuangan perusahaan, jurnal-jurnal penelitian yang telah lalau, data jumlah penduduk dari Badan Pusat Statistik daerah atau negara.

2.      Berdasarkan waktu pengumpulannya

a.       Data time series adalah data yang di kumpulkan dari waktu ke waktu pada suatu objek dengan tujuan untuk menggambarkan perkembangan objek tersebut.

b.      Data cross section adalah data yang di kumpulkan pada suatu priode tertentu pada beberapa objek dengan tujuan untuk menggambarkan keadaan, misalnya dampak kenaikan BBM terhdapa harga bahan pokok.

3.      Berdasarkan sifat data

a.       Data kualitatif adalah data yang berupa pendapat (pernyataan) atau jugement sehingga tidak berupa angka akan tetapi berupa kata-kata atau kalimat. Contohnya adalah

1.      Pelayanan rumas sakit cipto mangkusumo cukup baik.

2.      Tingkat kesejahteraan masyarakat Jakarta tinggi.



b.      Data kuantitatif adalah data yang berupa angka. Sesuai dengan bentuknya, data kuantitatif dapat di olah atau di analisis dengan teknik perhitungan statistic. Data kuantitatif di bagi menjadi 2 kelompok berdasarkan cara atau proses mendapatkanya.

1.      Data diskrit adalah data dalam bentuk bilangan bulat yang di peroleh dengan cara memebilang

Contohnya:

a.       Jumlah perguruan tinggi swasta di Jakarta ada 750

b.      Jumlah pemilih yang terdaptar di daerah X sebanyak 5000 orang

2.      Data diktomi adalah data dalam bentuk bilangan bulat atau pecahan yang di peroleh dengan cara hasil pengukuran. Data diktomi bergantung pada jenis skala yang di gunakan.

Contohnya

Tinggi badan renny 160,5
Share:

0 komentar:

Posting Komentar