Rabu, 12 September 2018

Metode Pengumpulan data



Di artikel sebelumn ya saya telah membahas tantang pengertian dan pembagian data, dan kali ini atikel ini akan membahasa metode atau cara mengumpulkan data dan sumber yang saya gunakan adalah buku Statistika Deskriptif Untuk Penelitian yang di karang oleh Ir. Sofyan. Siregar,MM. sehingga saya artikel ini layak di jadikan referensi , Menurut sofyan (2012) Metode Pengumpulan data adalah suatu proses pengumpulan data primer dan sekunder dalam suatu penelitian. Menurut Sofyan (2012:130) Metode pengumpulan data yang umum di gunakan dalam suatu penelitian adalah:

1.      Wawancara

Wawancara adalah proses memperoleh keterangan/ data untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab, sambil bertatap muka antara pewawancara dengan responden  dengan menggunakan alat yang di namakan panduan wawancara. Dan pedoman wawan cara ini akan saya jelaskan di artikel selanjutnya.



2.      Kuesioner

Kuesioner adalah suatu teknik pengumpulan informasi yang memungkinkan analisis mempelajari sikap-sikap, keyakinan, perilaku, dan karakteristik beberapa orang utama di dalam organisasi yang bisa terpengaruh oleh system yang di ajukan oleh sistem yang sudah ada, singkatnya quesioner berisi pernyataan maupun pertanyaan di atas kertas  untuk melihat tanggapan responden dalam penelitian. Untuk penjelasakan terperinci tentang kuesioner akan di bahas artikel selanjutnya.



3.      Observasi

Obeservasi atau pengamatan langsung adalah kegiatan pengumpulan data dengan melakukan penelitia langsung terhadap kondisi lingkungan objek penelitian yang mendudukung kegiatan penelitian sehingga di dapat gambaran secara jelas tentang kondisi objek penelitian tersebut

itulah metode yang di lakukan dalam melakukan penelitian, semoga dapat bermanfaat, nantikan artikel berikutnya.   

Sumber :

Sofyan  (2012) Statistika Deskriptif Untuk Penelitian untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi, SPPS versi 17. Rajawali Pers: Jakarta
Share:

0 komentar:

Posting Komentar